Jenis Mortar Plester dan Fungsinya Masing-masing

Secara umum yang dimaksud dengan mortar adalah campuran bahan antara pasir dan semen yang digunakan untuk merekatkan bata, memasang keramik serta untuk mengecor, memplester dan mengaci. Jadi mortar semen plester adalah semen instan yang dapat digunakan untuk proses memplester.

Semen Mortar atau semen instan

Semen mortar merupakan sebuah bahan bangunan yang berbahan dasar semen, pasir, filler dan zat aditif fungsinya akan disesuaikan pada masing-masing jenis mortar semen.

Pada produk mortar ini bersifat siap pakai atau instan jadi Anda tinggal menambahkan air untuk membuat adonan semennya dan langsung bisa diaplikasikan pada benda tertentu misalnya bata, keramik dan lain sebagainya.

Keunggulan dari penggunaan semen mortar adalah mengurangi terjadinya permasalahan yang biasa terjadi saat menggunakan semen konvensional seperti retak rambut, kemudian dinding tidak rapi, munculnya retak atau rapuh pada plesteran dinding, bahkan juga bisa mengurangi kemunculan jamur pada dinding.

Jenis-jenis dari Produk Semen Mortar Plester

Pada umumnya semen mortar sangat direkomendasikan untuk kebutuhan pada pembangunan rumah Anda. Karena banyaknya keungulan yang akan Ada dapat dengan menggunakan semen mortar.  Adapun jenis semen mortar antara lain adalah mortar untuk perekat bata atau hebel. Mortar untuk  acian plesteran, Mortar untuk plesteran dinding, mortar keramik maupun yang lainnya.

Merupakan sebuah mortar yang digunakan sebagai mortar perekat pada bata ringan atau hebel. Pada istilah yang digunakan oleh seorang tukang atau mandor thinbed mortar ini sering disebut dengan lem hebel atau lem perekat hebel.

Hal tersebut karena pada penggunaannya  sangat tipis dan pemakaiannya juga hemat. Adapun daya sebar pada mortar ini kurang lebih sekitar 10 hingga 14 meter persegi dinding pada kemasan per 40 kg.

Mortar pada jenis ini digunakan sebagai  formulasi yang berguna untuk menghaluskan permukaan dinding. Berbeda dengan semen pada umumnya, mortar acian ini mampu mengatasi retak rambut selain itu warnanya juga cerah.

Jadi saat Anda menggunakan acian instan ini Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan plamir dan tersebut tentunya akan menghemat biaya yang dikeluarkan.

 

 

Pada jenis ini merupakan semen mortar yang digunakan untuk plesteran dinding. Pada bentuk pengaplikasiannya bisa untuk dinding dengan bata merah, batako dan bata ringan.

Jika Anda menggunakan produk ini Anda tidak perlu repot untuk menambahkan bahan campuran lain pada semennya seperti pasir. Sebuah mortar plester dikatakan bagus jika telah memiliki konsistensi campuran dan komposisi yang tentunya homogen.

Adapun daya sebar pada mortar plester siap pakai atau instan ini adalah 2.5 hingga 3 meter persegi pada setiap kemasan per 50 kg.

Pada jenis ini digunakan untuk perekat dinding dan keramik pada lantai. Jika Anda pernah melihat atau mengalami terangkatnya keramik dari lantai atau istilahnya adalah fenomena popping. Hal tersebut dikarenakan oleh cuaca ataupun deformasi material.

Oleh sebab itu salah satu solusinya adalah dengan pengaplikasian pada mortar perekat keramik dan dinding ini. Sebab mortar ini secara khusus digunakan sebagai merekat dengan daya rekat yang kuat dan tentunya mencegah dari popping atau terlepasnya keramik dari lantai.

Walaupun sebenarnya masih banyak lagi varian jenisnya namun perlu Anda ingat bahwa komposisi dan campuran bahannya juga berbeda-beda.  Demikian itu beberapa jenis dari produk mortar plester serta kelebihan yang akan Anda peroleh saat menggunakan produk-produk semen mortar secara umum.

Leave a Reply