Kegunaan Semen Siap-Saji atau Mortar

Apa itu Semen Instan dan Kegunaannya

 

Sekarang, bisnis properti memiliki banyak sekali peminat. Dan tentunya, para pengembang bisnis properti harus menyediakan tanah dan bangunan terbaik agar para client puas dan memberikan testimoni yang baik. Untuk itu, mereka membuat bangunan-bangunan dengan material yang terbaik, salah satunya adalah semen instan. Semen ini sendiri sedang naik pamornya di dunia bisnis properti. Apakah semen siap-saji atau semen instan itu dan apa kelebihannya?

Apa itu Semen Instan?

 

Semen ini banyak sekali disebut sebagai semen siap-saji, yang jelas sangat berbeda dengan semen konvensional pada umumnya. Semen yang sangat terkenal saat ini pun banyak digunakan tidak hanya pada bangunan tinggi namun juga untuk kebutuhan rumahan. Semen ini berfungsi sebagai bahan perekat untuk struktur bangunan.

 

Bahan baku dari semen siap saji adalah: Semen PC1, pasir khusus, bahan pengisi semen, dan bahan tambahan lainnya. Bahan-bahan ini sifatnya dirahasiakan karena sangat berpengaruh untuk keunggulan semen siap saji atau instan.

Kegunaan Semen Siap-Saji atau Mortar

 

Sebelumnya, sudah disampaikan bahwa semen berfungsi sebagai bahan perekat untuk struktur sebuah bangunan. Lebih jelasnya, akan disampaikan di bawah sini.

 

Semen yang instan, memiliki beberapa jenis yang disesuaikan menurut kebutuhan tertentu pada struktur sebuah bangunan. Jadi, tidak satu semen digunakan untuk seluruh bangunan. Nah, apa saja jenis-jenis semen tersebut dan dimana digunakannya?

 

  1. Semen perekat bata ringan

Nah, tentu sudah jelas sekali bahwa guna semen jenis ini adalah untuk merekatkan bata-bata ringan pada struktur bangunan, dimana dinginnya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tinggi.

 

  1. Semen plester tembok

Semen yang satu ini kita ketahui digunakan untuk merekatkan tembok, agar material batu batanya tidak bergeser kesana kemari dan tetap bertahan di tembok hingga waktu finishing bahkan hingga bangunan selesai didirikan.

 

  1. Semen perekat keramik

Kemarin seperti yang kita tahu, banyak digunakan di lantai. Sehingga semen jenis ini jelas sekali digunakan di lantai agar keramik-keramik penyusun tidak bergeser dan merekat secepat mungkin. Keramik yang cepat merekat bisa segera diinjak sehingga tidak sulit bagi orang untuk berlalu lalang proyek properti.

 

  1. Semen pengisi celah keramik

Semen yang satu ini digunakan untuk mengisi celah-celah yang ada di keramik. Selain untuk merekatkan, semen ini juga bisa menyeimbangkan kekosongan antar keramik sehingga tidak menimbulkan lekukan atau cerukan di antara keramik. Biasanya banyak digunakan juga di lantai-lantai dengan pola yang rumit.

 

  1. Semen perekat batu alam

Semen satu ini digunakan untuk merekatkan batu-batuan alam yang ada di proyek properti seperti granit. Semen jenis ini berfungsi untuk menguatkan batu-batuan alam yang ada di bangunan, membuatnya rekat, dan menjaga agar lebih awet juga.

 

  1. Semen untuk pelapis dan pelindung rembesan air

Tentu Anda familiar dengan semen jenis ini, karena sering digunakan bahkan oleh orang-orang yang tidak bekerja sebagai tukang bangunan atau arsitek. Semen jenis ini sering digunakan sebagai pelapis kedap air yang menghalangi air untuk merembes ke tembok. Contohnya adalah air hujan yang banyak muncul saat deras.

 

  1. Semen perekat acian tembok

Semen siap-saji jenis terakhir ini berfungsi sebagai acian tembok, atau semen yang digunakan untuk menghaluskan permukaan tembok sebelum siap dicat. Dengan menggunakan semen ini, dinding tidak perlu lagi diplamir sehingga proyek pembangunan pun lebih hemat biaya.

 

Nah itu dia pengertian mengenai semen instan dan kegunaannya dalam pembangunan gedung atau rumah.